Profil Teaching Factory

Tahun 2018

Kompetensi Keahlian Tata Boga

Latar Belakang

Keberhasilan pembangunan nasional sangat terkait dengan kualitas sumberdaya manusia. Pemerintah telah berupaya mengoptimalkan kapasitas sumberdaya manusia Indonesia melalui sector pendidikan formal maupun non formal, salah satu jalur pendididkan formal yang menyiapkan lulusannya untuk memiliki keunggulan di dunia kerja adalah Sekolah Menegah Kejuruan ( SMK).

Pentingnya penyediaan sumberdaya manusia (sdm) yang trampil di wujudkan pemerintah melalui kebijakan mutu pendidikan kejuruan yang member perhatian pada sekolah menegah kejuruan (smk) pengembangan smk saat ini mulai bergerak dari orientasi pasar tenaga kerja local kepada pasar tenaga kerja asean menyambut masyrakat ekonomi asean( MEA) serta mempersiapkan lulusan dengan pembekalan karakter kewirausahaan (enter epreneursip).

Penerapan teaching factory di smk merupakan wujud dari salah satu upaya direktorat pembinaan smk untuk lebih mempererat kerjasama atau sinergi antara SMK dengan industri. Teaching factory adalah pembelajaran di smk berbasis produksi/ jasa yang mengacup ada standar&prosudur yang berlaku di industry dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

Teching factory SMK Negeri 3 Bidang Keahlian Tata Boga yang di Kembangkan adalah Aneka Produk Kue dan Roti. Produk yang sudah di Pasarkan antara lain : Pizza Sambiki dengan berbagai Toping, Roti dan Aneka Rasanya, Brownis Berbahan baku Pisang Mulut Bebek dan Singkong.

Visi & Misi

VISI

Menghasilkan tamatan yang Mandiri dan Berjiwa Wirausaha dalam bidang Kepariwisataan Khususnya Tata Boga, Peserta didik dituntut untuk memiliki Sikap Mandiri, Kreatif dan Menerapkan Prinsip Pelayanan Prima dalam Bidang Pengolahan dan Penyajian Makanan.


MISI

Mendidik dan Melatih Peserta didik Menjadi Manusia yang :

  1. Melaksanakan Pendidikan dengan Menerapkan Sistim Teaching Factory
  2. Mendidik Siswa Menjadi Lulusan yang mandiri dan berjiwa wirausaha/entrepreneur
  3. Menyiapkan Lulusan yang Kreatif, Inovatif dan Peka terhadap peluang untuk Berwirausaha

Tujuan Dan Sasaran

  1. Mempersiapkan Lulusan SMK Menjadi Pekerja dan Wirausaha.
  2. Menumbuh Kembangkan Karakter dan Etos Kerja (Disiplin, Tanggung Jawab, Jujur, Kerja Sama & Kepemimpinan) yang di Butuhkan DU/DI.
  3. Membantu Siswa SMK dalam Mempersiapkan diri Menjadi Tenaga Kerja, Serta Membantu Menjalin Kerjasama dengan dunia Kerja Khususnya Hotel dan Restoran.
  4. Menumbuhkan Kreatifitas siswa Melalui Learning by doing.
  5. Menerima Transfer Teknologi dan Informasi dari Industri Pasangan Terutama Aktifitas pesertadidik  dengan Guru saat Pembelajaran.
  6. Mempersiapkan Lulusan SMK Menjadi Pekerja dan Wirausaha.